Sehatnya Masakan dengan Tambahan Rempah Si Kayu Manis Ceylon

Kayu manis—rempah manis satu ini sudah pasti kerap Anda gunakan dalam masakan ‘kan? Penggunaan kulit kayu manis Ceylon bisa di temui di masakan traditional seperti kari, atau dessert; kue-kue manis atau cake, bisa juga sebagai campuran makanan dan minuman herbal yang baik untuk kesehatan. Karena, kayu manis tak hanya memberikan cita rasa dalam makanan, tapi juga bisa mengatasi keluhan kesehatan.

Kayu manis, khususnya True Cinnamon atau lebih dikenal dengan kayu manis Ceylon yang asalnya dari Sri Lanka, akan sangat cocok untuk menyempurnakan rasa masakan Anda sekaligus menyehatkan. Kayu manis Ceylon dibanding kayu manis jenis lainnya, memiliki rasa yang lembut dan manis. Dengan warna coklat mudanya, kayu manis Ceylon akan memberikan aroma khas pada tiap masakan Anda. Tahukan Anda, kalau penggunaan kulit kayu manis Ceylon dalam masakan, si kayu manis ini akan menghambat pembusukan makanan dan tumbuhnya bakteri, hasilnya masakan Anda akan awet secara alami. Jadi tidak perlu khawatir masakannya menjadi cepat basi.

Oh iya, penggunaan kulit kayu manis Ceylon dalam masakan sangatlah lumrah bahkan di negara-negara luar sana. Di Barat, kayu manis lebih sering ditemukan di makanan penutup (dessert) mereka, misalnya saja rebusan buah-buahan yang diberi cengkeh dan kayu manis. Di negara asalnya Sri Lanka, kayu manis Ceylon sangat banyak digunakan membuat masakan, seperti untuk kari daging; di Imperial India Utara untuk campuran nasi beraroma, Biriyani. Bahkan di India, kulit kayu manis Ceylon digoreng sampai gulungan terbuka, lalu ditambahkan tomat, yoghurt serta bawang. Selain itu, kayu manis ini juga digunakan untuk memberikan aroma dan rasa yang khas pada teh. Di negara kita, kayu manis lebih sering  digunakan sebagai rempah atau bumbu sebuah masakan.

Lalu, bagaimanakah penggunaan kulit kayu manis Ceylon dalam masakan? Sebenarnya simple saja, Anda tinggal menambahkan kulit kayu manis Ceylon secukupnya ke masakan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa masakan, seperti saat membuat pasta, kare, sop, masakan aneka daging dan lainnya. Atau saat ingin membuat kue Anda berasa lebih spesial, campurkan bubuk kayu manis Ceylon atau taburkan potongan kecil kulit kayu manis Ceylon sebagai pengharum atau penghias kue.

Karena cinnamon asli ini aromanya lebih harum dan lembut, rasanya yang lebih terasa, kayu manis Ceylon sangatlah cocok untuk memaniskan atau memperhalus rasa. Dengan aroma dan rasanya yang lebih berkelas dibanding yang lain, masakan Anda akan terasa sempurna di lidah. Penggunaan kulit kayu manis Ceylon dalam masakan pun cukup mudah; kulitnya yang tipis membuatnya mudah dipatah dan dibuat menjadi bubuk. Sehingga lebih efisien karena akan mudah larut dan terserap atau bergabung dengan bahan masakan.

Sehatnya Masakan dengan Tambahan Rempah Si Kayu Manis Ceylon

Tapi, perlu diingat kalau penggunaan kayu manis pada masakan akan berakibat buruk untuk kesehatan liver Anda, kalau Anda salah pilih kayu manis. Begini, di luar sana banyak beredar berbagai jenis kayu manis di pasaran. Salah satunya adalah Cinnamon Cassia yang asalnya bisa dari Saigo, China dan Indonesia. Mungkin besar dari Anda tidak menyadari kalau jenis Cassia ini tidak baik efeknya untuk kesehatan jika terlalu banyak mengkonsumsinya. Untuk itu, Anda harus jeli membedakan kayu manis ini dengan kayu manis Ceylon.

Lalu apa masalahnya jika kita memakai kayu manis yang tidak tepat? Bagaimana membedakan kayu manis Ceylon dan Cassia agar tidak salah pilih? Nah, bisa dikatakan letak masalahnya adalah kandungan coumarinnya. Coumarin ini salah satu zat yang terdapat dalam tiap jenis kayu manis. Coumarin sifatnya racun yang bisa mengencerkan darah. Pada kayu manis Ceylon, kandungan coumarinnya rendah, hanya 0,4%. Sedangkan coumarin yang terdapat pada kayu manis Cassia cenderung tinggi dengan kandungan coumarin 5%. Dalam bentuk batang, Cassia mengandung 18 kali lipat lebih banyak dibanding Ceylon. Kalau Anda terlalu banyak mengkonsumsi Cassia, kandungan coumarinnya akan mengencerkan darah, yang juga bisa mempengaruhi kinerja liver. Untuk itu, jika Anda termasuk yang banyak mengkonsumsi kayu manis untuk kesehatan, dianjurkan Anda menggunakan kayu manis dengan jenis Cinnamomum Zeylanicum (Ceylon).

Anda masih bingung bagaimana membedakan yang mana Ceylon dan mana yang Cassia? Nah, tak apa, kami sudah merangkum perbedaan yang signifikan antara keduanya, yaitu:

  • Kayu manis Ceylon memiliki rasa yang lembut dan manis, dengan tampilan warna coklat muda. Kulit Ceylon tipis sehingga mudah dihancurkan. Karena teksturnya yang halus, gulungan kayu manis Ceylon, menggulung dari ujung satu ke ujung lainnya, layaknya gulungan kertas. Kandungan coumarin hanya 0.4%.
  • Kayu manis Cassia beraroma lebih tajam dibanding kayu manis Ceylon; rasanya cenderung pedas daripada manis; ia tebal dengan tekstur keras dan berwarna kemerahan-merahan hingga coklat tua; sulit untuk dipatahkan atau dihancurkan. Jika dicermati, ujung kulit kayu manis Cassia menggulung ke tengah dan lebih kasar dari Ceylon. Kandungan coumarin mencapai 5%.

Jika dilihat dari persamaannya, kayu manis Ceylon dan Cassia sama-sama berkhasiat, misalnya saja dalam:

  • Menurunkan kolesterol
  • Membasmi infeksi bakteri dan jamur
  • Membantu pencernaan
  • Bau kayu manis bisa meningkatkan memori
  • Obat alami untuk menghilangkan sakit kepala atau migraine
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengatasi penyakit diabetes tipe 2, dan lain-lain.

Walaupun begitu, ingat-ingat kembali kandungan coumarin antar keduanya. Sebenarnya, bisa saja Anda mengkonsumsi kayu manis Cassia, tetapi tetap dalam batas-batas tertentu. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda lebih memilih kayu manis Ceylon, apalagi dalam rangka pengobatan. Karena lebih aman untuk dikonsumsi secara rutin.

Tahukah Anda, dengan berkumur rebusan kayu manis Ceylon dengan perbandingan setengah sendok teh kayu manis dengan 1 gelas air; sariawan atau sakit tenggorokan Anda akan mereda dan sembuh. Rebusan kayu manis bahkan bisa menghilangkan bau mulut juga. Hanya dengan rebusannya saja, si rempah manis ini bisa mengatasi keluhan di mulut, apalagi jika dicampur dengan bahan alami lainnya. Pastinya akan lebih mujarab lagi.

Setelah Anda sudah tahu perbedaan dan segudang manfaatnya kayu manis, Anda bisa dengan yakin menggunakan kayu manis dalam masakan Anda ‘kan? Kalau begitu, saat ingin menggunakan kayu manis Ceylon untuk masakan Anda, sebaiknya Anda mengikuti tips menyiapkan kayu manis Ceylon sebagai bahan masakan di bawah ini, agar kayu manis yang Anda pakai terjamin kualitasnya.

  • Pilih kayu manis Ceylon yang kering dan aromanya segar
  • Simpan kayu manisnya di dalam wadah yang tertutup rapat, jika kulit kayu manis Ceylon Anda berupa bubuk. Paling tidak bubuk kayu manis Ceylon bisa bertahan selama enam bulan. Sedangkan kalau batang, simpan saja di refrigerator, ia akan tahan kurang lebih satu tahun.
  • Sebelum membeli, cium dulu baunya. Kalau aromanya manis dan segar tidak apa Anda beli.
  • Perhatikan label kadaluarsanya, jika Anda membelinya di toko atau swalayan.

jual kayu manis ceylon

Nah, jika diambil kesimpulan, penggunaan kulit kayu manis Ceylon dalam masakan sangatlah bermanfaat dan jauh dari kata berbahaya, selama penggunaannya wajar-wajar saja. Karena bagaimana pun sudah terbukti kalau kayu manis Ceylon mempunyai banyak khasiat untuk tubuh kita. Rasakan sehatnya sebuah masakan yang sudah ditambahi dengan kayu manis Ceylon.

Leave a Reply