Mengolah kayu manis ceylon menjadi bubuk dan penggunaannya

Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi jika mendengar kata kayu manis. Kayu manis adalah salah satu rempah yang kita biasa kenal sebagai bahan alami penyedap makanan ataupun minuman yang biasa kita jumpai sehari-hari, akan tetapi mungkin kita tidak tahu bahwa kayu manis yang biasa kita temui ternyata tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Kayu manis ternyata memiliki beberapa jenis yang tersebar di seluruh penjuru dunia antara lain: kayu manis jenis Ceylon, Saigon dan Cassia. Mungkin anda penasaran perbedaan masing-masing jenis kayu tersebut, ok disini akan saya bahas sekilas tentang perbedaan jenis kayu manis tersebut.

Kayu manis Ceylon atau bahasa ilmiahnya Cinnamomum Ceylanicum, dimana jenis kayu manis ini biasa tumbuh di beberapa daerah penjuru dunia antara lain: Amerika Selatan, Hindia Barat, dan Asia tenggara. Jenis kayu manis Ceylon ini memiliki rasa yang sangat manis jika dibandingkan jenis kayu manis lainnya, sedangkan warna dari kayu manis ini terlihat seperti cokelat muda dan memiliki tekstur yang relatif lembut. Untuk kayu manis jenis Cassia biasa tumbuh di beberapa daerah seperti Vietnam, Cina dan Indonesia. Oleh sebab itu, di Indonesia yang paling banyak tersebar dan di perjual belikan adalah kayu manis jenis Cassia. Cassia memiliki tekstur yang lebih keras dan warna yang cenderung gelap alias cokelat tua, sedangkan rasanya pun tidak terlalu manis jika dibandingkan Ceylon. Yang terakhir adalah jenis kayu manis Saigon, sebenarnya jenis Saigon ini masih satu keluarga dengan Casia hanya sedikit lebih manis jika dibandingkan Cassia dan biasanya dijual lebih mahal.

Mungkin rasa penasaran anda sudah terobati, dan ternyata kayu manis yang selama ini kita temui memiliki jenis yang berbeda-beda, padahal pada umumnya orang hanya mengetahui kayu manis hanyalah kayu manis tanpa mengetahui jenis-jenis lainnya. Setiap jenis kayu manis tersebut bisa ditemukan di beberapa negara yang memproduksi, seperti jenis Ceylon hanya bisa kita temui di Amerika Selatan dll, sedangkan untuk di Indonesia sendiri yang paling kita temui adalah jenis Cassia. Ok, mungkin cukup sekilas perbedaan jenis kayu manis yang sebelumnya kita tidak mengetahuinya. Dan yang perlu kita tahu saat ini adalah jenis kayu manis Ceylon yang ternyata paling banyak peminatnya dibanding jenis lainnya. Karena kayu manis Ceylon memiliki khasiat yang super luar biasa dan bisa difungsikan untuk berbagai macam pengobatan, kosmetik,  bahan makanan dll.

Sebenarnya semua jenis kayu manis memiliki khasiat yang tidak jauh beda, akan tetapi setiap jenis kayu manis tersebut memiliki keunggulan masing-masing, begitu juga Ceylon yang saat ini banyak diincar oleh beberapa orang di dunia yang memanfaatkannya untuk berbagai macam fungsi. Sayangnya, di Indonesia sendiri, kita tidak mudah menemuinya, karena jenis kayu manis Ceylon tidak mudah tumbuh di Indonesia, sedangkan yang paling banyak tumbuh adalah jenis Cassia. Ok, anda tidak perlu khawatir karena saat ini tidak sedikit orang yang mengusahakan untuk memproduksi kayu manis Ceylon ini, jika tidak anda bisa mendapatkannya dari dengan cara order online.

Kayu manis Ceylon biasanya dikemas menjadi bubuk untuk berbagai macam khasiat tergantung pemakaian. Oh ya, mungkin anda juga penasaran bagaimana sih cara mengolah kayu manis Ceylon agar mudah dikonsumsi? Ok, disini anda mengetahui bagaimana cara menghaluskan kayu manis Ceylon agar mudah digunakan atau difungsikan secara efektif. Sebetulnya tidaklah sulit untuk merubah kulit kayu manis Ceylon menjadi bubuk. Karena biasanya orang menemui bubuk kayu manis tersebut melalui proses penggilingan, jika kayu manis Ceylon diproduksi untuk dipasarkan, biasanya diproses melalui penggilingan tersebut, akan tetapi jika anda ingin mencoba mengolahnya sendiri untuk dikonsumsi sendiri caranya juga mudah, anda hanya butuh menyiapkan kulit kayu manis jenis Ceylon yang sudah dikeringkan, kemudian anda siapkan blender untuk menghaluskan kayu manis Ceylon menjadi bubuk yang lembut. Mulailah masukkan kulit kayu manis tersebut ke dalam blender, usahakan blender tersebut tidak basah. Setelah itu tunggulah beberapa menit agar kulit kayu manis tersebut benar-benar lembut. Cukup mudah bukan? Anda bisa gunakan bubuk kayu manis Ceylon tersebut untuk berbagai macam khasiat sesuai dengan kebutuhan anda. Banyak orang yang membutuhkan kayu manis Ceylon untuk berbagai fungsi yang tidak hanya sebagai penyedap rasa makanan atau minuman saja.

Kayu manis Ceylon yang sudah anda olah menjadi bubuk, bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti pengobatan, perawatan wajah, penyedap makanan atau minuman, dan lain lain. Kayu manis Ceylon bisa dikonsumsi secara alami atau bisa juga dicampurkan dengan pelengkap lainnya tergantung kebutuhan pengguna. Biasanya jika orang akan menggunakan kayu manis Ceylon untuk perawatan wajah, bisa dicampurkan dengan minyak zaitun, karena khasiat keduanya sangatlah dahsyat sehingga membuat wajah tampak cerah alami dan menghilangkan bekas-bekas jerawat dengan mudah.

Selain itu, bisa juga dicampurkan dengan madu. Mungkin anda tidak menyadari selama ini bahwa kayu manis Ceylon ternyata mampu menurunkan berat badan secara efektif. Caranya sangat mudah, cukup campurkan bubuk kayu manis Ceylon tersebut dengan madu, kemudian anda minum. Anda bisa mengkonsumsi keduanya dua kali sehari untuk hasil yang efektif dan jangan lupa untuk mengontrol pola makan serta olahraga teratur jika anda ingin mendapatkan berat badan langsing dengan cepat dan efektif.

Campuran kayu manis Ceylon dan madu juga berkhasiat untuk menurunkan kolestrol, oleh karena itu jika anda merasa sering pusing, sakit kepala akibat kolestrol tinggi, anda bisa mengkonsumsi bubuk kayu manis dengan madu sebagai obat mujarab alami penurun kolestrol dengan mudah, tidak perlu mencari obat kimia yang mungkin akan menambah beban psikis anda. Cukup konsumsi secara rutin bubuk kayu manis Ceylon dengan madu yang tidak hanya berkhasiat tunggal, tapi anda bisa mendapatkan beberapa khasiat dari konsumsi obat alami tersebut.

jual kayu manis ceylon

Beberapa khasiat kayu manis Ceylon tersebut sangatlah manjur dan terbukti, anda bisa rutin menggunakan bubuk kayu manis Ceylon sebagai cara alami memenuhi kebutuhan anda seperti pengobatan, perawatan, atau penyedap makanan. Untuk mengolah kayu manis Ceylon tersebut juga tidak sulit, karena anda bisa menggunakan dengan cara menghaluskannya dengan blender, ataupun di tumbuk, jika ingin mendapatkan hasil yang bertekstur kasar. Cara tersebut sangatlah mudah dan terjangkau, jadi anda tidak perlu membeli bubuk kayu manis Ceylon yang harganya lumayan mahal. Cukup efektif untuk mengolah kayu manis Ceylon sendiri untuk kebutuhan anda. Sedangkan cara mendapatkan kulit kayu manis Ceylon sendiri jika di Indonesia mungkin sedikit sulit, akan tetapi anda bisa mencarinya diberbagai wilayah yang sudah memproduksi kulit Ceylon mentah yang belum dihaluskan. Ok, mungkin sekarang anda tertarik untuk mengkonsumsi kayu manis Ceylon karena memberikan banyak manfaat untuk kebutuhan anda

2 Comments

  1. Clarissa Christanto May 26, 2016
    • kayumanis June 2, 2016

Leave a Reply