Mengenal Perbedaan Kayu Manis Ceylon dengan Jenis Kayu Manis yang Lain

Apakah anda sedang mencari tahu tentang salah satu rempah yang saat ini punya khasiat ajaib untuk kesehatan dan kecantikan? Jika jawabannya iya, maka kayu manis Ceylon adalah rempah yang anda cari. Jenis rempah beraroma khas nan harum ini tidak hanya enak saat dijadikan bahan masakan, sudah berabad-abad kayu ini membuktikan manfaatnya sebagai obat herbal yang mujarab untuk mengusir berbagi macam penyakit. Mungkin anda sudah mengetahui sedikit banyak mengenai manfaat apa saja yang ditawarkan kayu yang tumbuh di Asia ini. Masalahnya, tahukah anda bahwa kayu manis memiliki berbagai jenis. Masing-masing tentu memiliki khasiat berbeda. Ini berarti anda harus jeli dalam membeli kayu manis. Tidak boleh sembarang mengatakan “saya ingin membeli kayu manis.” Ada kemungkinan kayu manis ceylon yang anda maksudkan berbeda dengan yang diberikan oleh penjual. Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, akan sangat baik jika anda mengenal betul ciri-ciri kayu manis ceylon. Pengenalan yang dalam bisa dilakukan dengan mencari perbedaan mencolok dari masing-masing jenis kayu manis.

Apa cirik fisik kayu manis ceylon yang membedakan dengan jenis kayu manis lainnya?

Fisik atau bentuk adalah bagian utama yang paling mudah untuk digunakan sebagai tanda dalam membedakan kayu manis Ceylon dengan kayu manis yang lainnya. Meskipun terkadang ada beberapa kemiripan, perbedaan tentu pasti ada. Dua nama yang berbeda tentu ada karena memang ada yang membedakan satu benda dengan benda yang lain. Untuk membuat anda mendapatkan gambaran yang jelas mengenai perbedaan masing-masing jenis kayu manis, inilah informasi yang wajib anda simak:

  1. Warna

Ciri fisik paling mencolok dari masing-masing jenis kayu manis adalah warna. Kayu manis jenis Ceylon memiliki warna lebih terang dari kayu manis jenis cassia. Kulit batangnya memiliki wana abu-abu, sedangkan yang sudah dipasarkan sebagai kayu manis Ceylon warnanya coklat muda. Jika diberi pilihan, tentu anda akan lebih mudah dalam menentukan mana kayu manis Ceylon. Tidak ada salahnya memang untuk meminta pedagang menunjukan kayu manis lainnya demi mendapatkan jenis yang benar.

  1. Tekstur

Setelah melihat warna, tekstur dari kayu manis bisa dijadikan acuan lain untuk memastikan jenis kayu manis yang ada di hadapan anda. Jenis kayu manis Ceylon bubuk lebih lembut saat dipegang. Kelembutan juga ditunjukkan dengan mudahnya kayu manis ini dihaluskan. Berbeda dengan jenis cassia yang memerlukan alat khusus jika ingin menumbuknya menjadi serbuk.

  1. Duri

Jika yang anda amati adalah pohonnya secara langsung, anda bisa mengamati bagian duri si kayu manis. Duri yang mudah dihancurkan atau dihilangkan adalah tanda bahwa kayu manis itu berjenis Ceylon. Durinya bisa hilang walaupun hanya dengan menggunakan penggilingan kopi. Tidak perlu tenaga ekstra atau alat spesifik untuk menghancurkan duri yang menempel pada kayu manis.

  1. Aroma

Hal keempat yang juga perlu untuk dijadikan acuan dalam menentukan jenis kayu manis adalah aroma. Anda tentu sudah paham benar bagaimana aroma yang dihasilkan rempah ini. Aromanya sangat sedap dan khas. Dari kejauhan saja, anda tentu akan mengenali rempah dari Asia ini. Tahukah anda bahwa ternyata aroma setiap kayu manis berbeda? Jenis Ceylon adalah kayu manis dengan aroma yang sangat lembut diantara jenis yang lainnya.  Jika anda mencium aroma yang sangat menyengat, hampir bisa dipastikan bahwa yang di tangan anda adalah kayu manis Cassia. Kayu manis dengan jenis Kerinci memiliki aroma yang harum dan sedap untuk dihirup sebagai aroma terapi.

  1. Rasa

Aroma mungkin tidak cukup untuk membedakan satu jenis dengan jenis yang lainnya. Rasa adalah unsur yang bisa memberi jawaban lebih pasti. Rasanya tidak terlalu menyengat. Sangat mudah mengenali jenis kayu manis yang satu ini. apalagi jika ada beberapa jenis yang bisa dicicipi. Perbedaan akan sangat terasa.

  1. Kulit

Hal lain yang juga membedakan kayu manis Ceylon dengan kayu manis yang lainnya adaah kulit yang bisa dipanen. Jenis Ceylon adalah kayu manis yang berasal bukan hanya dari kulit batang si pohon. Ada bagian lain seperti ranting, cabang, dan dahan yang memiliki khasiat sama seperti batangnya.

  1. Daun

Jika anda berkesempatan untuk melihat langsung pohon kayu manis, melihat daun bisa membantu anda dalam mengenal kayu manis Ceylon dan jenis lainnya. Untuk kayu manis Ceylon, daun sangat tebal. Bahkan daun untuk jenis yang satu ini dinobatkan sebagai daun yang paling tebal diantara semua jenis kayu manis yang ada.

Bagaimana perbedaan kayu manis Ceylon dengan jenis lain dalam segi penggunaan?

Di Indonesia ada berbagai  jenis kayu manis yang akan anda dijumpai dan biasa digunakan oleh masyarakat. Perbedaan fisik dan kandungan pada masing-masing jenis kayu manis tentu juga bepengaruh terhadap guna atau manfaatnya bagi masyarakat. Untuk mengetahui perbedaan tersebut, inilah ulasannya:

  1. Kayu manis Ceylon

Kayu manis jenis ini sekarang banyak ditawarkan di toko online. Ini sejalan dengan permintaan pasar akan jenis kayu manis yang satu ini. Kayu manis ini memiliki kadar minyak tertinggi disbanding dengan jenis lainnya. Kayu manis Ceylon adalah jenis yang memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan. Masyarakat saat ini mengonsumsi kayu ini sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit baik yang ringan hingga parah seperti kolesterol, diabetes, liver, dan lain-lain. Manfaat lain yang tidak kalah menarik adalah untuk menyehatakan kulit. Kayu manis ini dapat menjaga kecerahan dan mengobati jerawat. Bahkan, dapat pula berfungsi dalam proses diet. Sangat menarik bukan?

  1. Kayu manis Lainnya

Jenis  kayu manis lain ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat sebagai rempah-rempah yang mendukung cita rasa masakan. Namun, penggunaanya belum terlalu banyak karena aromanya yang menyengat. Beberapa jenis jamu atau obat herbal juga diracik dengan kayu manis lain (bukan Ceylon) sebagai bahan utama. Namun, manfaat yang diberikan memang tidak sebanyak kayu manis Ceylon. Zat pendukung lain yang ada pada kayu manis selain ceylon, justru bisa merusak hati jika dikonsumsi secara terus menerus oleh manusia. Fakta ini agak menakutkan. Oleh karena itu, memastikan bahwa anda tidak memilih kayu manis jenis lain selain ceylon adalah suatu keharusan. Kayu manis selain Ceylon memiliki kandungan air yang rendah.

Sekian informasi tentang perbedaan kayu manis Ceylon dengan jenis yang lainnya yang juga ada di pasar Indonesia. Perbedaan itu bukan hanya dilihat dari bentuk kayumanis itu sendiri melainkan dari kegunaan serta kandungan zat yang ada pada tiap-tiap jenis kayu manis. Semoga gambaran yang sudah dijelaskan di atas dapat membantu anda dalam mengenali jenis kayu manis. Dengan demikian, tidak ada ketakutan salah saat membeli.

One Response

  1. eny idnriyani August 4, 2017

Leave a Reply