Konsumsi Kayu Manis Cara Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Konsumsi Kayu Manis untuk Diabetes

Diabetes Melitus atau biasa kita sebut dengan penyakit kencing manis ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini membuat si penderita diabetes, jantungnya memompa diluar batas normal, yang bisa memicu terjadinya stroke karena peningkatan tekanan darah yang drastis. Tidak jarang pula, ada penderitanya yang terpaksa diamputasi bagian tubuhnya, misalnya kaki; karena sirkulasi pembuluh darahnya menyempit sehingga terjadi infeksi. Jika tidak segera diamputasi akan menyebar ke organ-organ tubuh lainnya. Mengerikan bukan? Namun, untuk Anda yang menderita diabetes, tak usah risau lagi karena ternyata banyak tumbuhan di sekitar kita yang mampu melawan penyakit Anda. Salah satunya kayu manis Ceylon. Yak, rempah manis satu ini ampuh menurukan gula  darah tinggi.

Khasiat kayu manis Ceylon untuk Diabetes bukanlah barang baru dan sudah banyak digunakan sebagai media pengobatan bahkan di luar negeri. Kayu manis Ceylon yang dibudidayakan di Sri Lanka ini ampuh menurunkan kadar gula darah tinggi bagi penderita Diabetes Melitus tipe 2. Sebelum beranjak bagaimana khasiat kayu manis Ceylon untuk Diabetes, kita ngulik dulu apa itu Diabetes tipe 2. Pada Diabetes tipe 2, hormon insulin tidak mampu bekerja dengan maksimal dan mengakibatkan meningkatnya kadar gula darah. Sehingga, Diabetes Melitus tipe 2 adalah non-insulin dependent diabetes, di mana tubuh penderitanya menolak efek insulin atau bahkan tidak memproduksi cukup insulin untuk mempertahankan kadar normal glukosanya. Saat ini, belum ada obat yang bisa menangani penyakit Diabetes tipe 2 ini. Namun, untuk mencegah bertambah parahnya penyakit ini, penderita bisa mencegahnya dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dengan mengatur pola makan, menjaga berat badan dan berolahraga. Selain itu, bisa juga menkonsumsi kayu manis Ceylon jika kadar gula darah sudah terlanjur tinggi.

Nah, ada beberapa penelitian menunjukkan kalau kayu manis Ceylon secara signfikan bisa menurunkan kadar gula darah tinggi dengan “menyurutkan” resistensi insulinnya. Bahkan, ada penelitian yang mengikutsertkan peserta penderita Diabetes tipe 2. Selama 40 hari berturut-turut, para pesertanya diminta mengkonsumsi sekitar 1-6 gm kayu manis Ceylon selama 40 hari; yang mana 1 gr kayu manis Ceylon ini setara dengan setengah sendok the kayu manis. Dari situlah, para peneliti mendapati kalau kayu manis Ceylon bisa menurunkan kolesterol pesertanya sekitar 18% dan menurunkan kadar gula darah hingga mencapai 24%. Peran khasiat kayu manis Ceylon untuk Diabetes tipe 2 dalam hal ini adalah dengan meningkatkan metabolisme glukosa sekitar 20 kali yang berdampak meningkatnya sirkulasi gula darah, serta sensitivitas insulin. Dalam kayu manis Ceylon terdapat “Bioflavonoid,” yang dikenal dengan Proantosianidin yang mampu mengubah aktivitas insulin di dalam sel-sel lemak. Dari situ, kita bisa berkesimpulan kalau penderita Diabetes tipe 2 yang tidak dapat mengatur sekresi hormon insulin, dapat mengkonsumsi kayu manis Ceylon untuk membantu”mengambil alih” hormon tersebut.

Namun, untuk Anda ketahui bahwa mengkonsumsi kayu manis bagi penderita liver atau gangguan hati, sangat tidak dianjurkan. Karena pada kayu manis Ceylon terdapat kandungan Kumarin yang bisa mengencerkan darah dan yang nantinya malah bisa mengganggu kinerja hati. Untuk berjaga-jaga, sebelum menggunakan kayu manis sebagai media pengobatan, ada baiknya Anda memeriksakan diri dulu ke dokter. Apakah Anda juga berpenyakit liver atau tidak, jika tidak terdeteksi mempunyai gangguan liver, Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi kayu manis Ceylon.

konsumsi kayu manis ceylon untuk kadar gula darah tinggi

Khasiat kayu manis Ceylon untuk Diabetes tipe 2 bisa Anda rasakan dengan cara mengolahnya bersama dengan bahan-bahan yang lain. Ingin tahu bagaimana mengolah kayu manis Ceylon sebagai obat alami penurun gula darah tinggi? Ini dia caranya:

  • Siapkan 2 gelas air untuk merebus 4 batang kayu manis Ceylon. Biarkan volume airnya hingga tersisa kira-kira 100cc. Nah, sisa air rebusan kayu manis itulah yang bisa membantu Anda menurunkan kadar gula darah. Jika ingin lebih variatif lagi, celupkan 3 batang kayu manis Ceylon ke dalam teh tawar, selama 10 menit.
  • Atau, Anda bisa menghaluskan 1-6 gram kulit kayu manis Ceylon dengan cara menumbuknya. Lalu, rebuslah dengan air panas sebanyak 100 cc. Minum selagi hangat.
  • Jika Anda ingin memasukkan kayu manis Ceylon ke dalam asupan harian, Anda bisa juga mencampur bubuk kayu manis Ceylon ke dalam sereal atau oatmeal.
  • Kayu manis juga bisa menjadi pengganti pemanis untuk mengurangi pemakaian gula pada masakan Anda.

Untuk menyakinkan Anda tentang  ampuhnya khasiat kayu manis Ceylon untuk Diabetes, ada lebih dari satu penelitian yang telah membuktikan khasiatnya. Salah satunya yang dilakukan oleh Malmo University Hospital di Swedia. Mereka memberikan semangkok pudding yang sudah diberi sesendok teh lebih kayu manis Ceylon pada sekelompok relawan penderita diabetes. Dan hasilnya menunjukkan, kadar gula darah mereka turun setelah memakannya.

Ada pula penemuan oleh Dr. Joanna Hlebowicz dkk., yang membuktikan kayu manis Ceylon memang mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi, seperti apa yang Dr.Hlebowics dan timnya lakukan. Yaitu, dengan cara mengukur kadar gula darah 14 relawan kesehatan, sebelum dan sesudah mengkonsumsi semangkok bubur beras. Lalu relawan diberikan makanan yang mengandung kayu manis, selanjutnya dijuji kembali kadar gulanya. Setelah pengujian kadar gula darah, secara beruturan selama 2 jam, dari situ terbukti kalau kadar gula relawan mengalami penurunan setelah memakan makanan yang mengandung kayu manis Ceylon. Menurut Dr. Hlebowicz dkk., penurunan kadar gula tersebut diakibatkan karena kayu manis Ceylon berperan dalam memperlambat laju makanan dari lambung menuju ke usus. Melalui ultrasound scans, mereka menemukan bahwa pengosongan lambung pada para relawan menjadi lambat beberapa saat, setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kayu manis Ceylon. Selain itu, Dr. Hlebowicz juga melakukan kajian kecil pada penderita Diabetes tipe 2, dan menyadari kalau penderita Diabetes tipe 2 yang menambahkan kayu manis Ceylon di makanannya selama 40 hari; kandungan kolesterol begitu juga dengan kadar gulanya cenderung turun dengan tajam.

Mash belum puas? Nah, ada satu lagi penelitian di Pakistan yang benar-benar menunjukkan khasiat kayu manis Ceylon untuk Diabetes. Penelitian ini dilakukan terhadap 60 penderita Diabetes dan menghasilkan kesimpulan; kayu manis Ceylon tidak hanya menetralkan kadar gula darah tetapi juga bisa menurunkan tingkat kolesterol. Dari mana hasil itu didapat? Yaitu dengan cara memberikan para responden penderita Diabetes sebutir kapsul pemicu penghasil insulin, dengan catatan kadar gulanya berada di level 200-300 mg/dl. Dalam penelitian itu, responden kemudian di bagi menjadi 2 kelompok secara acak; kelompok satu di beri kapsul berisi kayu manis, sedangkan kelompok satunya di beri kapsul berisi tepung. Pengkonsumsian kapsul tersebut dilakukan tiap hari, selama 40 hari. Lalu bagaimana hasilnya? Kelompok yang mengkonsumsi kayu manis dipastikan turun kadar gula darahnya sebanyak 20 hingga 30%, berikut turunnya kadar kolesterol rata-rata 10-20%. Sedangkan kelompok yang meminum kapsul berisi tepung, tidak mengalami perubahan sama sekali.

Nah, dari kesekian penelitian di atas, sudah terlihatkan khasiat kayu manis Ceylon untuk Diabetes ‘kan? Bagaimana? Anda tertarik mencoba ampuhnya kayu manis Ceylon untuk menurunkan tingginya kadar gula darah Anda? Buktikan khasiatnya sendiri.

3 Comments

  1. Tony June 24, 2016
  2. timmy santoso July 7, 2016
  3. Utjang February 26, 2017

Leave a Reply