Gula Darah Terus Meroket? Berikut Ini Manfaat Kayu Manis Ceylon Untuk Mengendalikan Gula Darah Anda!

Tak hanya sebagai penyedap rasa untuk masakan, ternyata banyak manfaat kayu manis yang bisa kita pergunakan, salah satunya sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2.

Hampir di telinga semua orang, rempah bernama kayu manis ini sudah tidak asing lagi didengar. Namun, apakah Anda tahu bahwa sebenarnya ada beberapa jenis kayu manis yang terdapat di seluruh dunia, yaitu kayu manis cassia, ceylon dan juga saigon.

Kayu manis yang sering digunakan untuk rempah, baik untuk masakan atau minuman, biasanya adalah jenis kayu manis cassia yang berasal dari Cina, Indonesia, atau Vietnam. Kayu manis Cassia memiliki ciri batangnya berwarna coklat tua dan cenderung gelap. Aroma kayu manis cassia lebih tajam dan tidak seharum kayu manis ceylon. Bentuknya pun tebal serta teksturnya keras.

Adapun kayu manis ceylon merupakan kayu manis yang ditanam dan banyak diproduksi di Sri Lanka, Brasil, Madagaskar, India dan Karibia. Kayu manis jenis ceylon ini rasanya lebih manis, aromanya harum dan halus, serta memiliki warna coklat muda. Bentuknya pun tipis sehingga lebih mudah untuk dipatahkan atau dihancurkan.

Jika digunakan untuk kebutuhan penyedap masakan atau membuat minuman, rasanya memang hampir sulit dibedakan. Namun, jika Anda ingin menggunakan kayu manis untuk pengobatan alami, sangat dianjurkan untuk menggunakan kayu manis jenis ceylon karena kayu manis memiliki kadar coumarin dalam dosis yang tinggi, yaitu 5%. Sedangkan dalam kayu manis ceylon hanya 0,004%.

Kandungan coumarin yang tinggi dalam kayu manis cassia bisa membahayakan tubuh, sebab dapat menyebabkan gangguan hati dan darah bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka yang lama. Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin mengonsumsi kayu manis untuk kesehatan lebih disarankan untuk menggunakan kayu manis ceylon.

atasi gula darah dengan kayu manis ceylon

Manfaat Kayu Manis Ceylon Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat kayu manis ceylon adalah untuk menurunkan kadar gula darah, khususnya bagi penderita diabetes tipe 2. Seperti apa sih diabetes tipe 2 itu? Diabetes tipe 2 merupakan kondisi kesehatan ketika hormon insulin pada tubuh tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan meningkatnya kadar gula darah.

Pada penderita diabetes tipe 2, tubuh penderita tidak dapat memproduksi cukup insulin atau bahkan menolak efek insulin yang ada sehingga tidak dapat menyeimbangkan kadar glukosa pada tubuhnya.

Saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes tipe 2 ini. Namun tak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara untuk mencegah maupun menurunkan atau menyeimbangkan kadar gula dalam darah, yaitu dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dengan makan makanan yang sehat, rajin berolahraga, menjaga berat badan, serta mengonsumsi ramuan herbal dari kayu manis ceylon.

Penelitian sudah membuktikan bahwa kayu manis ceylon ini mampu menurunkan kadar gula darah dengan menyurutkan resistensi insulin yang ada di dalam tubuh. Pada penelitian tersebut, diujikan beberapa peserta yang memiliki penyakit diabetes tipe 2 dan mereka diminta untuk mengonsumsi kayu manis ceylon sebanyak 1-6 gram selama 40 hari.

Hasilnya begitu mengejutkan, peneliti mendapati bahwa manfaat kayu manis ceylon ini dapat menurunkan kadar gula darah sebanyak 24% dan meningkatkan metabolisme glukosa 20 kali lipat sehingga meningkatkan sirkulasi gula darah serta memproduksi lebih banyak insulin.

Jika Anda ingin merasakan manfaat kayu manis ceylon untuk menurunkan gula darah, Anda dapat mengolahnya sendiri dengan cara-cara berikut ini:

  1. Rebus batang kayu manis ceylon dengan air sebanyak 2 gelas dan biarkan hingga air menyusut kurang lebih 100ml. Dinginkan air rebusan tersebut dan bisa Anda konsumsi setiap hari.
  2. Anda juga bisa merendam 3 batang kayu manis ceylon ke dalam teh panas selama 10 menit, kemudian minum teh tersebut tanpa menggunakan gula.
  3. Haluskan 1-6 gram kayu manis ceylon (atau anda bisa membelinya dalam bentuk bubuk kayu manis) kemudian direbus dengan air sebanyak 100ml.
  4. Jika Anda enggan meminum air rebusan kayu manis, Anda juga bisa mencampurnya dengan oatmeal.

Nah, dari penjelasan artikel di atas, Anda sudah mengetahui manfaat kayu manis untuk menurunkan gula darah bagi para penderita diabetes tipe 2 kan? Bila ingin membuktikan keampuhannya, Anda bisa langsung mencobanya sendiri di rumah

Leave a Reply