Jenis Kayu Manis Manakah Yang Sebaiknya Dipilih?

Dengan mengunakan bubuk kayu manis pilihan, dapat memberikan citarasa unik bagi resep masakan Anda. Akan tetapi tak semua orang tahu bagaimana memilih kayu manis yang benar.

Apalagi kalau kayu manis tersebut berupa bubuk. Kita akan kesulitan untuk mengetahui apakah kayu manis bubuk tersebut asli atau tidak. Dan apabila kayu manis tersebut masih berupa batangan, mana yang kita pilih, yang mulus bersih atao bernoda? masih amankah untuk dikonsumsi?

Nah, anda bisa coba untuk mengetahui kayu manis yang baik dengan langkah-langkah sederhana berikut;

1.  Ketahuilah lebih dahulu tentang kayu manis.

Bagaimana kita bisa memilih dengan benar apabila kita tidak mengetahui sedikitpun tentang kayu manis.
Yang paling penting anda ketahui yaitu; Satu-satunya jenis kayu manis asli adalah dari Ceylon, India. Bentuknya seperti cerutu atau kertas gulung dan mudah retak serta rapuh saat disentuh. Dari segi rasa kayu manis ceylon lebih lembut dan kompleks daripada jenis kayu manis cassia, sering kali membawa aroma pinus, sitrus, dan bunga-bungaan.

Kayu manis Barat sebenarnya jenis cassia. Ada beberapa jenis varietas kayu manis kasia, namun masing-masing bentuknya seperti gulung kayu dengan kulit luar yang lebih keras.

Berikut 3 jenis kayu manis cassia/kasia dibedakan berdasarkan asalnya yaitu:
– China : memiliki aroma manis
– Indonesia: cenderung mengental ketika ditambahi air/membentuk gumpalan. Memiliki rasa pedas yang kuat.
– Vietnam: memiliki kandungan minyak yang tinggi, beraroma sangat kuat namun tanpa rasa pedas.

2. Untuk keperluan apa kayu manis yang anda inginkan.

Bila anda sudah mengetahui jenis rasa kayu manis apa yang anda cari, akan lebih memudahkan dalam pemilihan kayu manis yang tepat. Preferensi rasa personal Anda akan membimbing Anda untuk mendapatkan pilihan yang tepat. Pikirkan kembali apakah Anda lebih menyukai kayu manis yang pedas, manis, atau kombinasi keduanya. Jika Anda berencana menambahkan kayu manis ke dalam cairan, pilih jenis yang mudah larut atau menciptakan pasta yang lembut. Kayu manis Indonesia cenderung menggumpal ketika dimasukkan ke dalam cairan.

3. Lakukan uji coba.

Masih 100 persen tidak yakin tentang jenis kayu manis yang digunakan ?, beli sedikit masing-masing jenis kayu manis, dan lakukan uji coba dengan citarasa anda sendiri.

Tidak terlalu sulit bukan? Nah, untuk konsumsi keseharian atau rutin; sebaiknya gunakan jenis kayu manis ceylon. Karena kandungan kumarin nya yang sangat rendah dibandingkan dengan jenis kasia. Kandungan kumarin yang tinggi pada kayu manis jenis kasia bila dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada hati.

One Response

  1. reza March 3, 2017

Leave a Reply