Efek Samping Konsumsi Rutin Kayu Manis Cassia Untuk Tubuh

Penggunaan kayu manis di kehidupan sehari-hari, terutama masyarakat Indonesia, sudah tidak diragukan lagi. Dari kesehatan hingga masakan, banyak yang memanfaatkan kayu manis. Baru-baru ini, penggunaan kayu manis jenis Cassia terus meningkat, Hal ini dipicu dari promosi penggunaan kayu manis Cassia sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit. Sayangnya, ketenaran obat herbal yang satu ini tidak diimbangi dengan sosialisasi mengenai konsumsi yang tepat agar tidak merusak tubuh. Sebagai obat, tentu saja ada aturan pakai atau atauran minum yang harus dipahami benar oleh setiap pengguna kayu manis Cassia. Apakah anda salah satu konsumen kayu manis Cassia? Cobalah untk menyimak penjelasan berikut ini agar anda menjadi konsumen yang cerdas dan bijak.

jual kayu manis ceylon

Apa efek samping konsumsi kayu manis Cassia yang tidak sesuai aturan?

Setiap obat tentu akan menimbulkan efek samping, apalagi jika dikonsumsi secara kurang tepat. Misalnya saja, obat batuk memiliki efek samping orang yang meminumnya jadi mengantuk sepanjang hari. Bahkan, tak jarang orang mengalami overdosis ataupun kerusakan organ tubuh karena salah menakar obat yang diminumnya. Nah, berikut ini adalah beberapa efek samping yang mungkin muncul akibat penggunaan kayu manis Cassia sebagai obat herbal:

  1. Penyakit Kulit

Efek samping pertama yang banyak dikeluhkan oleh pengguna kayu manis Cassia secara berlebih adalah gangguan pada kulit.ada sebagian orang yang merasakan gatal-gatal atau alergi terhadap kayu manis Cassia. Ada pula yang kulitnya terdapat ruam setelah meminum kayu manis Cassia sebagai obat herbal. Jika anda mengalami hal serupa, segera menghantikan penggunaan kayu manis Cassia, sebelum kondisi kulit semakin memburuk.

  1. Gangguan Pernafasan

Selama ini yang anda tahu, rokok adalah penyebab utama gangguan pernafasan. Ternyata, kayu manis Cassia bisa juga menimbulkan masalah serupa. Ada istilah khusus untuk gangguan ini yaitu dyspnea. Gangguan ini bisanya timbul setelah penggunaan kayu manis Cassia secara berlebihan.

  1. Gangguan Jantung

Efek lain yang mungkin timbul akibat penggunaan kayu manis Cassia adalah terjadinya gangguan pada jantung. Jangan sampai anda mengobati satu penyakit dan dalam waktu yang sama mengundang penyakit baru ke tubuh anda. Apalagi jantung adalah organ vital tubuh. Kesehatannya sangat penting untuk dijaga. Biasanya gejala awal yang bisa dirasakan adalah denyut jantung yang lebih cepat dari biasanya.

  1. Produksi Keringat

Selain pernafasan dan jantung, konsumsi kayu manis Cassia yang berlebih dapat meningkatkan jumlah keringat yang dikeluarkan tubuh. Biasanya, telapak tangan menjadi bagian tubuh yang akan benyak mengeluarkan keringat jika dosis kayu manis Cassia yang masuk tidak tepat.

  1. Tangan Gemetar

Bukan hanya keringat yang terus mengucur deras, tangan dan tubuh menjadi gemetar seperti orang kelaparan juga menjadi efek lanjutan dari konsumsi kayu manis Cassia yang berlebih.

kayu-manis-cassia

Siapa saja yang akan merasakan efek samping secara dramatis?

Beberapa efek samping yang paling banyak dikeluhkan oleh konsumen dan sudah diteliti kebenarannya sudah dibahas sebelumnya. Efek tersebut bisa dirasakan oleh siapa saja jika dosis tidak tepat. Namun, ada pula efek samping yang tetap akan timbul walau dikonsumsi secara tepat. Efek samping itu muncul pada orang yang memiliki riwayat penyakit seperti berikut ini:

  1. Masalah Lambung

Jika anda memilki masalah dengan lambung, seperti radang,asam lambung tinggi, atau masalah lain, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi kayu manis Cassia. Walaupun anda menerapkan dosis yang sesuai dengan ketetapan, hal buruk tetap akan terjadi pada tubuh anda. Apalagi anda sedang mengonsumsi obat untuk mengatasi masalah lambung, kayu manis Cassia akan bereaksi secara negatif.

  1. Gangguan Ginjal

Jika anda sudah mengetahui ada yang bermasalah dengan ginjal, segera jauhi kayu manis Cassia.obat herbal ini justru akan membawa petaka bukan memberi penawar. Kondisi ginjal yang sudah mengalami gangguan, bisa menjadi lebih parah yakni menjadi gagal ginjal jika anda memaksakan untuk mencoba khasiat kayu manis Cassia. Jadi, lebih baik jika anda mengetahui kondisi kesehatan anda sebelum memutuskan untuk memilih kayu manis Cassia sebagai obat.

  1. Gangguan Pembekuan Darah

Ada beberapa orang yang memiliki masalah di mana darah sulit membeku saat ada luka. Bagi anda penderita gangguan ini, tidak disarankan untuk mengonsumsi kayu manis Cassia. Alasannya adalah kayu manis memiliki zat yang bersifat anti pembekuan darah. Anda tentu bisa membayangkan jika gangguan sulitnya darah membeku digabung dengan kayu manis Cassia. Saat anda luka akan ada banyak darah yang keluar karena tidak bisa dihentikan alirannya.

  1. Masalah Mulut

Bagi anda yang sedang memiliki masalah pada bagian mulut, seperti terjadinya infeksi, lebih baik untuk menghindar dulu dari kayu manis Cassia. Kandungan zat pada obat herbal ini dapat menyengat bahkan membakar mulut yang sedang mengalami masalah.

  1. Kanker

Bagi penderita kanker sangat tidak dibolehkan menggunakan kayu manis Cassia baik sebagai obat ataupun untuk tujuan kecantikan. Ada banyak zat pada kayu manis Cassia yang dapat memperparah kondisi kanker.

  1. Ibu Hamil

Selain orang dengan beberapa penyakit yang sudah disebutkan di atas, ada larangan untuk ibu hamil mengonsumsi kayu manis Cassia. Sifat panas dari kayu manis ini akan membahayakan janin dan ibu.

Bagaimana aturan pakai kayu manis Cassia yang benar?

Setelah mengetahui bahwa efek samping bisa timbul karena penggunaan yang salah, anda tentu penasaran tentang tata cara atau dosis yang benar. Nah, anda perlu ingat bahwa konsumsi kayu manis Cassia akan baik dan menjadi obat jika tidak lebih dari 6 gram per harinya. Jika ditakar dengan sendok, jumlah paling baik adalah setengah hingga satu sendok the dalam satu hari. Jika anda berfikir konsumsi yang banyak akan mempercepat penyembuhan, pemikiran itu salah besar. Selain memperhatikan jumlah, ada hal lain yang wajib diketahui. Konsumsi kayu manis Cassia tidak boleh selagi anda mengonsumsi anti septic atau anti biotic. Jika anda juga minum obat lain, cobalah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter apakah obat itu bisa dikonsumsi bersama dengan kayu manis. Konsultasi ini diperlukan karena beberapa obat tidak boleh bersama-sama diminum dengan kayu manis Cassia.

Nah, sudah jelas bukan diskusi tentang efek samping kayu manis Cassia utamanya untuk tubuh. Jika anda ingin berobat, tentu ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Jangan asal percaya dengan saran atau anjuran orang. Mencari tahu terlebih dahulu mengenai aturan, efek samping, serta hal lain yang berkaitan dengan obat yang akan dikonsumsi menjadi hal pokok yang tidak boleh diabaikan. Sekarang anda bisa lebih yakin apakah anda boleh mengonsumsi kayu manis Cassia atau tidak. Anda juga bisa tahu cara agar kayu manis Cassia menjadi obat bukan menambah penyakit.

Leave a Reply