Berhasil Turun Bobot 15 Kg, Ini Dia Resep Kayu Manis Plus Madu

Menjelang usia 23 tahun, Erni Mulyani mengaku memiliki hobi jalan-jalan dan berfoto selfie. Beberapa waktu terakhir, foto-foto selfie Erni menunjukkan bahwa tubuhnya menggemuk. Malu, ia pun kemudian memutuskan untuk berdiet dengan resep unik.

Ya, Erni memanfaatkan bahan alami seperti kayu manis dan madu untuk menurunkan berat badan. Alhasil bobotnya yang semula 64 kg pun berhasil turun menjadi 49 kg. Seperti apa kisahnya?

Penyebab awal saya melakukan diet karena saya sangat hobi jalan-jalan dan berfoto selfie tentunya. Sampai pada suatu ketika saya sangat malu melihat foto selfie saya di salah satu tempat wisata karena badan saya sudah melebar dan tidak enak dilihat. Semenjak itulah muncul niat saya untuk diet.

Bermacam-macam cara diet pun saya tempuh. Mulai dari minum pil pelangsing dan minum jamu. Tetapi tidak begitu saja berhasil, malah sama sekali tidak membuahkan hasil apa-apa.

Waktu itu juga sedang banyak berita tentang diet OCD ala Deddy Corbuzier, saya pun mencobanya. Seperti yang dianjurkan dalam diet OCD saya tidak sarapan, padahal sebelumnya saya rajin sarapan pagi di meja kantor sebelum bekerja.

Suatu waktu atasan saya di kantor ternyata melihat saya yang tidak pernah sarapan lagi, dia bertanya apakah saya diet, saya menjawab iya dan menceritakan kalau saya sedang diet OCD sehingga tidak sarapan. Kemudian atasan saya sangat tidak setuju dengan hal itu karena menurutnya tidak baik untuk pencernaan.

Dia pun memberitahu saya bahwa sekalipun sedang berdiet, tetap saja jangan sampai merusak tubuh. Dia menganjurkan saya untuk diet dengan minum madu dan kayu manis. Selain alami, madu dan kayu manis sangat bagus untuk tubuh. Sayapun mulai mencari informasi di internet untuk mencari tahu kebenarannya. Ternyata benar kayu manis dan madu banyak manfaatnya.

Berikut adalah resepnya:
Kayu manis 1/2 sendok teh diseduh dengan air panas 1/2 gelas kecil. Setelah agak hangat campurkan madu 1 sendok makan. Sebaiknya diminum pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur.

Selain itu, harus diimbangi dengan pola makan sehat dan berolahraga. Olahraga yang saya lakukan cukup sederhana, hanya lari pagi setiap hari sekitar 30 menit dan lompat tali 20 menit. Hasilnya, berat badan awal saya 64 kg, setelah 2 bulan rutin minum madu dengan kayu manis dan olahraga secara teratur berat badanpun turun menjadi 49 kg. Itu artinya sudah berhasil turun 15 kg.

Saya sangat senang dan banyak berterimakasih kepada atasan saya di kantor karena telah memberikan resep mujarab alami dan sehat tersebut. Begitulah pengalaman saya berdiet, semoga cerita saya bermanfaat untuk para pembaca.

Kayu manis yang selama ini kita kenal dan pergunakan untuk membuat berbagai jenis masakan atau minuman adalah kayu manis jenis cassia yang banyak tumbuh dan diproduksi di Cina, Indonesia, dan juga Vietnam. Kayu manis cassia memiliki ciri yaitu batangnya berwarna coklat tua atau cenderung gelap, bertekstur keras dan sulit dipatahkan, serta bentuknya tebal dan aromanya tercium samar. Kayu manis ini bukanlah berasal dari pohon kayu manis, namun tiruannya yang terbuat dari kulit kayu pohon cassia.

Jika dibandingkan dengan kayu manis ceylon atau Cinnamomum verum (atau dikenal pula dengan Cinnamomum zeylanicum), yang merupakan tanaman asli dari Sri Lanka, ia memiliki rasa yang lebih manis dan aroma yang lebih harum daripada kayu manis cassia. Selain itu, ciri lainnya adalah memiliki warna coklat muda, bentuknya tipis dan mudah hancur.

Tak hanya ciri fisik serta aromanya, kandungan coumarin di dalam kayu manis ceylon cenderung lebih rendah daripada yang ada di dalam kayu manis cassia, yaitu 0,004% pada kayu manis ceylon dan 5% pada kayu manis cassia. Apa sih yang dimaksud dengan zat coumarin ini?

Zat coumarin merupakan zat kimia yang lazim ditemukan pada tanaman, salah satunya terdapat pada kayu manis. Setelah dilakukan penelitian terhadap tikus, ternyata zat coumarin tergolong beracun karena bisa menimbulkan kerusakan pada liver bila dikonsumsi dalam jumlah cukup besar (lebih dari 2 gram/hari) dan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengonsumsi dan merasakan manfaat kayu manis untuk diet sebaiknya gunakan kayu manis ceylon yang memiliki tingkat coumarin rendah dan memiliki khasiat pengobatan.

Leave a Reply